Jumat, 16 Agustus 2013

Kasih adalah bukti kelahiran baru (kasih - 4)

1 yoh 3:14 Kita tahu, bahwa kita sudah berpindah dari dalam maut ke dalam hidup, yaitu karena kita mengasihi saudara kita. Barangsiapa tidak mengasihi, ia tetap di dalam maut.

Awal dari ayat ini adalah “kita tahu”. Jadi Paulus sedang menyimpulkan bahwa kasih adalah bukti dari kelahiran baru. Saya akan beri contoh sederhana. Saya tahu saya sudah lulus dari ITB saat saya menerima ijazah saya. Kemudian ada 100 orang yang tidak saya kenal berkata pada saya bahwa saya tidak lulus. Tetapi ijazah itu memberikan keyakinan pada diri sendiri bahwa saya sudah lulus. Begitu juga dengan kasih. Anda akan menerima keyakinan “alamiah” dalam diri sendiri bahwa anda sudah lahir baru pada saat anda mengasihi orang lain. Karena Cuma kasih yang tidak dapat dipalsukan orang. orang bisa saja dibaptis dan mengaku bertobat padahal dia Cuma pura-pura. Tetapi 1 Yoh 3:14 berkata bahwa kasih kepada sesama dalah bukti nyata dari kelahiran kembali.

Tetapi ada hal lain yang cukup menarik dari ayat itu. Siapa yang tidak hidup dalam kasih, ia berada di dalam maut. Anda tidak bisa berkata “saya sudah diselamatkan tetapi saya masih membenci saudara saya”. Ini tidak sesuai dengan apa yang Firman katakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar