Kamis, 30 April 2009

Nama dan lambang Roh Kudus (bagian 2)

Sekarang kita akan bahas sedikit tentang lambang-lambang dari Roh Kudus yang disebutkan di Alkitab.
1. Air
Yoh 7:38-29 Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup." Yang dimaksudkan-Nya ialah Roh yang akan diterima oleh mereka yang percaya kepada-Nya; sebab Roh itu belum datang, karena Yesus belum dimuliakan.
Roh Kudus dilambangkan seperti air. Mengapa bisa demikian? Kita akan belajar bersama tentang hal ini. Air memiliki peran yang sangat penting dalam hidup manusia. Kita tidak akan bisa hidup tanpa air. (1Kr 12:13 Sebab dalam satu Roh kita semua, baik orang Yahudi, maupun orang Yunani, baik budak, maupun orang merdeka, telah dibaptis menjadi satu tubuh dan kita semua diberi minum dari satu Roh.) jadi Roh Kudus adalah “sumber” air minum kita.
Air juga berperan dalam membersihkan tubuh kita. Jadi hati kita dibersihkan oleh Roh Kudus (Tit 3:5 pada waktu itu Dia telah menyelamatkan kita, bukan karena perbuatan baik yang telah kita lakukan, tetapi karena rahmat-Nya oleh permandian kelahiran kembali dan oleh pembaharuan yang dikerjakan oleh Roh Kudus). Kehidupan rohani kita akan selalu dibersihkan oleh Roh Kudus. Kita akan dibersihkan dari dosa dan akan dibaharui roh kita.
Air yang berlebihan juga bisa membinasakan manusia, seperti banjir dan tsunami. Demikian juga dengan Roh Kudus. Roh Kudus mampu menghakimi orang yang tidak taat pada-Nya, seperti kasus Ananias dan safira.

2. Api
Mat 3:11 Aku membaptis kamu dengan air sebagai tanda pertobatan, tetapi Ia yang datang kemudian dari padaku lebih berkuasa dari padaku dan aku tidak layak melepaskan kasut-Nya. Ia akan membaptiskan kamu dengan Roh Kudus dan dengan api.
Roh Kudus dilambangkan dengan api karena , pertama, dalam perjanjian lama hadirat Allah muncul dalam bentuk api. Musa menjumpai Allah ketika ia sedang melihat semak duri yang menyala (kel 3: 1-5). Lalu para murid menerima Roh Kudus pertama kali dalam bentuk nyala api (kisah 2: 2-3). Kedua, api membakar habis semua hal yang tidak dibutuhkan. Termasuk dosa kita ( ibr 12:29 dan yer 23:29). Semua ini dilakukan agar kita tampil kudus di hadapan Tuhan. Ketiga, api memberikan pada kita terang dalam kehidupan. Roh Kudus menyinari kita dengan terang agar bisa menjalani hidup dengan baik. Keempat, api melambangkan semangat adikodrati. Keberadaan Roh Kudus dalam hati kita membuat kita bersemangat untuk melayani Tuhan. Kelima, api melambangkan kuasa. Jadi Roh Kudus memberikan kita kuasa dari sorga untuk menjalankan perintah Tuhan.

3. Angin
Roh Kudus disamakan dengan angin karena berbagi alasan. Pertama, angin berada di seluruh daerah di bumi. Sama seperti Roh Kudus yang berada di semua tempat. Kedua, angin selalu bergerak dari tekanan tinggi ke tekanan rendah. Roh Kudus juga mengalir ke tempat-tempat dimana banyak terjadi keputusasaan dan dukacita. Ketiga, angin bergerak semaunya. Begitu juga dengan Roh Kudus, kita tidak bisa mengatur Roh Kudus seenak hati kita tetapi kita ynag harus bergerak sesuai gerak Roh Kudus. Keempat, angin member kesegaran. Keberadaan Roh Kudus juga bagai aliran angin yang sejuk bagi jiwa kita. Dia memberikan kita semangat dan tenaga baru.

4. Minyak
1Sam 16:13 Samuel mengambil tabung tanduk yang berisi minyak itu dan mengurapi Daud di tengah-tengah saudara-saudaranya. Sejak hari itu dan seterusnya berkuasalah Roh TUHAN atas Daud. Lalu berangkatlah Samuel menuju Rama.
Minyak dalam perjanjian lama berarti bahwa segala sesuatu yang diurapi minyak adalah sesuatu yang diasingkan untuk Allah. Mulai dari raja Israel, kemah tempat tabut Allah (kel 30: 25-30), Harun dan putra-putranya (kel 30:30), nabi (1 Raja 19:16). Lalu minyak juga diperlukan untuk menyalakan tujuh kaki dian dalam kemah sembayang Allah. Demikian juga Roh Kudus, dunia Rohani disngkapkan oleh Dia. Minyak juga mencegah kerusakan dan kemacetan antara bagian-bagian yang bergerak. Roh Kudus bagai “pelumas” untuk mencegah perpecahan gereja.

5. Hujan
Mzm 72:6 Kiranya ia seperti hujan yang turun ke atas padang rumput, seperti dirus hujan yang menggenangi bumi!
Tanpa hujan bumi akan kering dan tidak akan menghasilkan buah. Begitu juga dengan kita. Tahun 300-600an adalah jaman dimana kerja Roh Kudus diabaikan. Akibatnya gereja mengalami stagnasi besar-besaran. Baru pada tahun 1900an karya Roh Kudus mulai dihidupkan kembali hingga saat ini.

6. Merpati
Yoh 1:32 Dan Yohanes memberi kesaksian, katanya: "Aku telah melihat Roh turun dari langit seperti merpati, dan Ia tinggal di atas-Nya.
Alasan pertama Roh Kudus dilambangkan seperti merpati adalah merpati dilambangkan sebagai lambang perdamaian, sama halnya denga Roh Kudus. Dalam kej 8 dikisahkan bahwa Nuh memastikan bahwa air bah sudah surut dengan menerbangkan merpati. Air bah adalah lambang murka Allah saat itu. Jika kita sudah menerima Yesus sebagai Tuhan, kita akan menerima Roh Kudus yang adalah bukti pendamaian Allah dengan kita. Kedua, merpati adalah lambang kelemahlembutan dan kerendahan hati. Lalu ketiga, merpati adalah makhluk yang “tidak berdosa” karena tidak memangsa makhluk lainnya. Lalu yang terakhir adalah Roh Kudus mudah didukacitakan sama seperti merpati yang mudah terkejut.

7. Anggur
Sama seperti anggur, orang yang telah kepenuhan Roh Kudus mengalami sukacita yang besar dalam hati kita seperti orang yang sedang mabuk. Orang yang mabuk dengan anggur memiliki keberanian yang luar biasa. Jika kita dipenuhi Roh Kudus maka kita akan memiliki keberanian untuk memberitakan injil. Tetapi jika mabuk berefek tidak baik, maka kepenuhan Roh Kudus memberikan efek yang menyempurnakan.

8. Meterai
Efe 1:13 Di dalam Dia kamu juga--karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu--di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu.
Sesuatu yang dicap meterai tidak boleh digunakan seenaknya oleh orang yang tidak berwenang. Itu artinya kita yang telah dimeterai oleh Roh Kudus tidak bisa dicobai seenaknya oleh iblis, tetapi harus seijin Tuhan. Lalu pemeteraian berarti wewenang. Dengan adanya Roh Kudus kita diberi wewenang untuk memakai kuasa Allah dalam diri kita. Murid-murid baru dapat melakukan tanda mujizat setelah Roh Kudus turun atas mereka (kisah 1:8).

9. Jaminan
2Kor 1:22 memeteraikan tanda milik-Nya atas kita dan yang memberikan Roh Kudus di dalam hati kita sebagai jaminan dari semua yang telah disediakan untuk kita.
Salah satu kerjaan iblis adalah terus mendakwa kita bahwa kita berdosa dan pasti masuk neraka. Dengan adanya Roh Kudus, kita dijamin akan masuk surga. Jaminan memberikan rasa aman dan nyaman bagi yang memilikinya. Sama seperti kita yang belum pernah melihat sorga, tapi dengan adanya jaminan Roh Kudus, kita sudah merasa nyaman dan aman saat ini. Tapi tentunya kita harus menjaga jaminan itu dengan baik.
GO GET GLORY!

*Disadur oleh penulis dari buku “Roh kudus, adimitra saya” karya Paul Yonggi Cho.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar