Kamis, 30 April 2009

Nama dan Lambang Roh Kudus (bagian 1)

Alkitab menyebut 4 nama penting dari Roh Kudus, yaitu : Roh Kudus, Roh Allah, Roh Kristus, Penghibur. Juga ada beberapa lambang dari Roh Kudus, yaitu : air, api, angin, minyak, hujan, merpati, anggur, meterai, jaminan. Kita akan bahas sedikit satu-persatu.
1. Roh Kudus
1Tes 4:7-8: Allah memanggil kita bukan untuk melakukan apa yang cemar, melainkan apa yang kudus. Karena itu siapa yang menolak ini bukanlah menolak manusia, melainkan menolak Allah yang telah memberikan juga Roh-Nya yang kudus kepada kamu.
Dari ayat di atas kita belajar bahwa Roh Kudus adalah lambang dari kekudusan dan kesucian orang percaya. Roh kesucian inilah yang membedakan kita dari dunia.


3. Roh Allah
Efe 4:30 Dan janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah, yang telah memeteraikan kamu menjelang hari penyelamatan.
Beberapa ayat yang mengatakan bahwa Roh Kudus adalah Roh Allah terdapat di kej 1: 2 dan 1 kor :11. Roh Kudus juga disebut Roh Allah karena Ia diutus oleh Allah sendiri (yoh 15: 26).

3.Roh Kristus
Rom 8:9 Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah diam di dalam kamu. Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus.
Roh Kudus sama dengan Roh Kristus. Seringkali ada suatu ajaran yang mengatakan bahwa kita mendapat Roh Kristus ketika sudah lahir baru dan mendapat Roh Kudus ketika dibaptis oleh Roh Kudus. Jika memang demikian, kenapa kita tidak meminta sekalian Roh Bapa? Ini adalah ajaran yang salah yang tidak mengerti tentang konsep Tritunggal Allah, dimana ketiga pribadi adalah sama dan setara.

4. Penghibur
Yoh 15:26 Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.
Konsep penghibur disini adalah adalah suatu pribadi yang memberikan penghiburan dan dipanggil berdiri di sisi orang yang mengalami kesulitan. Ia memberikan nasihat, membujuk, memberi semangat, dan menguatkan sehingga orang tersebut menjadi seorang pemenang.
Yoh 14:16 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,
Maksud “penolong yang lain” disini adalah Roh Kudus itu sendiri, dimana Yesus adalah penolong yang pertama. Dalam Yoh 14:18 dikatakan : Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku datang kembali kepadamu. Tuhan Yesus akan datang kembali dalam rupa Roh Kudus, karena Tuhan Yesus dan Roh Kudus adalah sama.
GO GET GLORY!

*Disadur oleh penulis dari buku “Roh kudus, adimitra saya” karya Paul Yonggi Cho.

1 komentar:

  1. Shalom untuk bapak, ibu, saudara/i semua. Mari kita bersama-sama belajar membaca Shema Yisrael yang pernah dikutip oleh Yesus ( nama IbraniNya Yeshua/ ישוע ) di dalam Injil, yang dapat kita lihat di Markus 12 : 28 yang berasal dari Ulangan 6 : 4. Kalimat Shema Yisrael ini biasa diucapkan oleh orang Yahudi dalam setiap ibadah untuk mengungkapkan iman kepada satu Tuhan yang berdaulat dalam kehidupan mereka dan pada awalnya pun orang-orang yang percaya kepada Yesus dari bangsa-bangsa bukan Yahudi juga ikut serta dalam ibadah orang Yahudi di sinagoga.

    Tanpa bermaksud untuk menyangkali keberadaan Bapa, Anak dan Roh Kudus yang juga telah berulangkali diungkapkan dalam Perjanjian Baru, berikut ini Shema Yisrael dengan huruf Ibrani dan cara membacanya dengan mengikuti aturan tata bahasa yang ada

    Huruf Ibrani, " שמע ישראל יהוה אלהינו יהוה אחד "

    Cara membacanya, " Shema Yisrael YHWH ( Adonai ) Eloheinu YHWH ( Adonai ) ekhad "

    Dilanjutkan dengan mengucap berkat

    Huruf Ibrani, " ברוך שם כבוד מלכותו לעולם ועד "

    Cara membacanya, " Barukh Shem kevod, malkuto le'olam va'ed "

    ( Diberkatilah Nama mulia, KerajaanNya untuk selama-lamanya ). Maksud saya membagikan ini adalah untuk mengingatkan bahwa Yesus adalah seorang Rabi dan pengajar Torah bagi bangsanya dan sudah pasti beliau tidak mengajarkan sesuatu yang berada di luar Torah dan juga ajaran rabbinikal.


    🕎✡️🐟🤚🏻👁️📜🕯️🕍🤴🏻👑🇮🇱🗝️🛡️🗡️🏹⚖️⚓✝️🗺️🌫️☀️🌒⚡🌈🌌🔥💧🌊🌬️❄️🌱🌾🍇🍎🍏🌹🍷🥛🍯🐏🐑🐐🐂🐎🦌🐪🐫🦁🦅🕊️🐍₪

    BalasHapus