Rabu, 22 April 2009

Apa yang bisa Daniel Sihombing pelajari dari daniel versi alkitab ???

Daniel Sihombing adalah namaku. Orang tuaku mendapat ilham tentang namaku setelah papaku baru saja selesai saat teduh dari kitab Daniel, sesaat sebelum aku dilahirkan. Banyak yang Tuhan bukakan tentang pribadi seorang Daniel yang ada di Alkitab. Dan aku mau sharing apa yang aku dapat. Memang di kitab lainnya selain kitab Daniel, nama ini disebut juga. Tetapi saat ini aku mau fokus kepada nama Daniel yang ada di kitab Daniel. Ini dia :
Pada waktu Nebukadnezar raja Babel mengepung Yerusalem dan Allah menyerahkan Yerusalem padanya, raja bertitah unutk membawa beberapa orang Israel yang berasa dari keturunan raja dan dari keturunan bangsawan yakni orang-orang muda yang tidak ada cela, yang berperawakan baik, yang memahami berbagai macam hikmat, berpengetahuan yang banyak, dan yang mempunyai pengertian tentang ilmu, diantaranya adalah Daniel, unutk dididik selama 3 tahun – Dan 1:1-6
Daniel berketetapan untuk tidak menajiskan dirinya dengan santapan raja dan dengan anggur yang biasa diminum raja, maka Allah mengaruniakan kepada Daniel kasih dan saying dari pemimpin pegawai istana – Dan 1:8-9
Allah memberikan pengetahuan dan kepandaian tentang berbagai-bagai tulisan dan hikmat, sedang Daniel mempunyai pengertian tentang berbagai-bagai penglihatan dan mimpi – Dan 1:17
Daniel dan teman-temannya didapati raja bahwa mereka sepuluh kali lebih cerdas daripada semua orang berilmu dan semua ahli jampi di seluruh kerajaan Babel – Dan 1:20
Daniel berkata-kata dengan cerdik dan bijaksana – Dan 2:14
Daniel tetap memohon kasih saying kepada Allah – Dan 2:18
Daniel menjadi penguasa atas seluruh wilayah Babel dan menjadi kepala semua orangb ijaksana di Babel – Dan 2:48
Daniel, kepala orang-orang berilmu – Dan 4:9
Pada Daniel terdapat roh yang luar biasa, pengetahuan, akal budi, kecerahan dan hikmat – Dan 5:11-12
Daniel tidak tergiur atas hadiah yang ditawarkan raja – Dan 5:17
Raja Darius mengangkat 120 wakil-wakil raja atas kerajaannya dan membawahi mereka diangkat 3 pejabat tinggi dan Daniel adalah salah satu dari ketiga orang itu – Dan 6:23
Daniel melebihi para pejabat tinggi dan para wakil raja, karena Daniel memiliki roh yang luar biasa – Dan 6:4
Daniel setia dan tidak ada didapati suatu kelalaian atau kesalahan padanya – Dan 6:5
Daniel tiga kali sehari berlutut, berdoa serta memuji Allahnya – Dan 6:11
Daniel menyembah Allahnya dengan tekun – Dan 6:17
Daniel percaya kepada Allahnya – Dan 6:24
Karena kehidupan Daniel yang takut akan Tuhan, raja memberi perintah kepada seluruh kerajaan yang dikuasainya, harus takut dan gentar pada Allahnya Daniel – Dan 6:27
Allah mengatakan kepada Daniel tentang masa depan yang masih jauh atau mengenai akhir zaman – Dan 8:17, 19, 26
Daniel adalah orang yang sangat dikasihi Allah – Dan 9:23; 10:10, 19

Waktu aku mendapat semua kebenaran ini, aku langsung berpikir bagaimana kira-kira hebatnya Daniel yang ada di Alkitab. Aku lalu mulai berpikir bagaimana yaa kira-kira jika aku sekarang memiliki semua kemampuan yang dimiliki oleh Daniel yang ada di Alkitab. Saat aku mulai membayangkannya, Roh Kudus langsung bilang bahwa jika aku mendapat semua itu sekarang secara tiba-tiba, aku tidak akan memuliakan Tuhan dengan semua itu. Aku pertama heran. Tapi Dia langsung mengingatkan bahwa aku belum cukup punya karakter untuk mendapat semua itu sekarang. Aku bisa jatuh dalam kesombongan dan penyakit karakter lainnya. Yang paling parah jika aku sampai mengambil kemuliaan Tuhan. Waktu aku dengar itu, hatiku langsung ciut. Aku sadar bahwa aku saat ini memang masih lemah. Dengan beberapa kekurangan yang masih aku punya, aku sadar untuk mencapai semua itu seperti mustahil. Harapan orang tuaku juga sangat besar padaku. Itu semua menambah beban mengenakan nama ini.
Aku merasa sangat kecil dibanding Daniel yang ada di alkitab. Aku merasa sangat lemah karena seringkali masih jatuh bangun dalam dosa. Tapi saat aku merasa diriku lemah dan tak berdaya, aku semakin merasakan kasih Tuhan yang begitu besar untukku. Aku merasakan Ia ada disampingku dan berkata Ia akan melakukan semua itu tepat pada waktunya, asalkan aku tetap setia. Yaa, aku tidak peduli kapan janji itu akan digenapi. Yang penting sekarang aku mengambil posisi tetap setia dan percaya. GO GET GLORY!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar