Senin, 21 Mei 2012

Assalamu’alaikum Wr.Wb, shalom aleichem…

Yesaya 2 : 2-3 : 2akan terjadi pada hari-hari yang terakhir : gunung tempat rumah Tuhan akan berdiri tegak dan menjulang tinggi diatas bukit-bukit; segala bangsa akan berduyun-duyun datang ke sana, 3 dan banyak suku bangsa akan pergi serta berkata: “mari, kita naik ke gunung Tuhan, ke rumah Allah Yakub, supaya Ia mengajar kita tentang jalan-jalan-Nya, dan supaya kita berjalan menempuhnya; sebab dari Sion akan keluar pengajaran dan firman Tuhan dari Yerusalem. “

Pusing rasany melihat kondisi bangsa ini. Masalah terjadi di berbagai bidang. Orang jujur malah dibenci masyarakat, dan orang korupsi malah dielu-elukan. Saya semakin mengerti klu akar mslh bangsa ini adalah karena moral yg sdh begitu rusak. Dan saya rasa, kita sepakat klu Yesus / Isa adlh jwbn satu-satuny.



Saya ingat perkataan b’robin (penatua GKKD), klu tdk sepantasny kt b’doa meminta Tuhan menyelamatkan lg bangsa ini, krn Dia sdh ckp mati sekali u/ bangsa ini. Dan kita yg diberi mandat memberitakan ksh karunia itu. Maka doa yg baik adlh spy kita (gereja) berani dan berhikmat memberitakan injil, lalu supaya org2 dibukakan hatinya agar bs menerima injil itu.

Dengan kondisi gereja skrg, maka bangsa ini tdk akan mendpt jwbn akan semua mslh yg terjadi. Bahkan hdp dari gereja sndr sdh sama dgn dunia ini. Ketika saya merenungkan yesaya 2:2-3 di atas, saya percaya ayat itu akan digenapi sebentar lg, krn skrg adlh hari2 terakhir. Ketika saya membayangkan ayat itu, maka saya akan melihat ada org spt Billy Graham (yg menjadi penasihat presiden AS) di Indonesia. Lalu saya melihat ada Daniel2 spt di alkitab terjd di bgs ini, lalu Yusuf2 spt di alkitab lahir di bgs ini. Wow! Sungguh luar biasa! Ketika Negara ada mslh, maka mreka tau siapa yg harus dihubungi : Gereja (kita semua).

Kita sering b’doa meminta ada orang2 yg diutus ke daerah2 u/ melayani misi di sana. Ttp saya pikir, tdk ada salahny sion b’doa agar ada pemimpin2 besar lahir dari persekutuan ini. Karena visi kita u/ memberkati Indonesia bs diwujudkan slh satuny dgn menjadi seorang pemimpin di Negara ini. Saya ingat di pengajaran korps thn lalu, b’royanto membagikan ttg membapai generasi ini. Slh satu pengajaran yg luar biasa. ITB adlh kampus besar di Indonesia, mk panggilan kita jg besar dan mencakup Indonesia. Ketika banyak pemimpin lahir dr kampus ini (dan sion lahir di ITB jg), maka “gen” pemimpin bangsa itu ada jg di sion. Bangsa ini butuh bapak bangsa yg bisa jadi teladan, dan betul2 sdh dipulihkan hati bapany (makanya harus ikut HC atau ret2 sion dl, hehe.. ).

Sekali waktu semester lalu, ko timotius prnh bcr di SR. dia critakan klu Negara kolombia bs lbh cpt pertumbuhan ekonominy dibanding kita dan bbrp Negara lain. Hal itu karena ada anak-anak muda usia 28-32 thn yg takut Tuhan dan merubah Negara itu. Pdhl kolombia adlh surga narkoba dan mafia. Hal itu karena ada orang2 yg merelakan waktu untuk mendidik mereka di usia muda. Lalu kemudian kisah berlanjut ke kisah sukses klub Barcelona, dimana mayoritas pemain utamany adlh didikan mreka sndr (mencontohkan kisah sukses “pemuridan”), tdk spt real Madrid yg selalu menghambur-hamburkan uang u/ mencetak prestasi dgn instan. Prestasi Negara jerman di bbrp piala eropa dan dunia terakhir jg ckp baik, berada di 4 besar. Dimana pada pertandingan kualifikasi euro 2012 terakhir, mreka mencatat rekor rata2 usia pemain paling muda sepanjang sejarah di tim nasional. Yg plg tua di timnas baru berusia 27 thn. Pembinaan usia muda mreka bagus. Anak-anak muda bs membuat perbedaan jk dididik dgn bnr.

Dalam buku church shift, sunday adelaja menuliskan ttg kisah gereja yg meng-take over suatu bangsa. Sampai akhirnya, salah satu jemaatny menjadi perdana menteri di Negara ukraina. Jemaatny ada yg jadi walikota ibukota ukraina jg. dan sederet hal luat biasa yg terjadi krn gereja menggunakan otoritas yg dia punya.

Ketika saya melihat-lihat org2 muda di alkitab, mk saya perhatikan, para pemimpin besar berusia maks 30 thn. Yusuf dan daud menjadi penguasa di usia 30 thn, Daniel juga menjadi pemimpin di usia muda (saya tdk temukan usianya), lalu ad raja hizkia yg berusia 25 thn, bahkan raja yosia di usia 8 thn sdh jd raja. Yesus sendiri pada usia 30 thn memulai pelayananny. Maka pertnyan general yg lgsg muncul di kepala saya : dimanakah anda pada usia 30 thn?

Memang tdk ada batasan usia seseorang menjadi pemimpin. Ttp jk di alkitab ada contohny, lalu ada bukti gereja bs meng-take over bangsa, maka saya rindu itu terjd di sion. Apalg di ayat di atas ada tulisan sion sbg sumber pengajaran itu. Ko timotius mengutip perkataan albert Einstein : try not to become a man of success but rather to become a man of value. Jd focus kt dlm hdp ini bkn lg “to have n to get”, tp “to be”. Contohny : bkn mencari berkat, tp menjadi saluran berkat u/ org lain, bkn cm memiliki damai, ttp jg menjd pendamai, dan contoh2 lain. Hdp ini hrs bermakna bg org lain, guys.

Saya ingin melihat ada sioners yg bs menjadi pemimpin di usia 30 thn, dan mempunyai skala Indonesia. Bbrp kali dlm komsel ke bawah, saya blg spt ini pd anak PA saya, “Klu komsel lain mgkn b’doa spy anak rohaniny jd misionaris, mk abg b’doa km jd pemimpin di Negara ini. Km bkn buruh perusahaan, tp pemilik perusahaan. Dan itu terjd di usia 30 thn.” Bknny saya tdk mau anak rohani saya diutus ke daerah2, saya bangga jk itu terjd. Ttp jk mreka memilh msk ke dunia krj, mk focus mreka jelas : menjadi Daniel, yusuf, daud, hizkia, dan yosia di Negara ini. Krn itu slh satu visi kita, memberkati Indonesia.

Melihat contoh Barcelona dan jerman, jg kolombia td, memang benar klu pemuridan adlh metode plg ampuh. Klu LPMI bs mempunyai jargon/visi mencetak pemimpin, mk sion jg bs melakukan yg sama. Kita pny byk teladan pemimpin2 dlm bidang rohani di bangsa ini, tp sptny saya blm temukan teladan pemimpin2 dlm bidang karir/market place/pemerintahan di bangsa ini (dimana skalanya sdh diakui secara nasional dan tentunya setia pd Tuhan). Tdk ada slhny jk kita b’doa ada org yg spt itu lahir di sion. Disamping kt b’doa ada org yg trus diutus menyelesaikan daerah2 “hijau” dan blm dgr injil. Pemuridan jln terbaik, dan bagian saya skrg cm menjadi murid dan pemurid yg baik.

Yeh 43:1-2 : lalu dibawanya aku ke pintu gerbang, yaitu pintu gerbang yang menghadap ke sebelah timur. Sungguh, kemuliaan Allah Israel datang dari sebelah timur.. kitalah org2 timur itu. Indonesia harus dipulihkan sblm seluruh dunia ini dipulihkan.

Kembali pertanyaan general saya : dimanakah anda pada usia 30 thn? Mari membangun Indonesia.

Faith, pray, n serve

Daniel sihombing ki’08

Tidak ada komentar:

Posting Komentar