Minggu, 20 Juli 2014

buah dan pohon rohani

Baru saja kuliah 3 minggu yang sangat melelahkan dan menyibukkan selesai. jujur, ketika pertama kali mendapat jadwal kuliah, saya sudah cukup stres. bayangkan saja, selama 3 minggu itu jadwal saya penuh dari pagi sampai sore. lalu ditambah ada tugas kelompok yang cukup berat maka saya berpikir ini akan menjadi 3 minggu yang berat. dan memang itu terjadi.

Tetapi saya sangat bersyukur jika banyak pola pikir saya diubahkan dalam 3 minggu ini. Ada 1 hal yang baru saya sadari, banyak pola pikir saya yang diubahkan justru ketika saya mendapat modul kuliah yang sangat berat. dari situ saya tarik kesimpulan jika ingin mendapat hal-hal besar, maka harga yang anda harus bayar juga besar. tidak ada hal besar yang instan dalam hidup ini kecuali keselamatan dalam Kristus. hehe..

Begitu juga dalam masalah anda sehari-hari. tidak ada masalah pelik yang terjadi dengan tiba-tiba. semua pasti ada sumbernya, dan sumbernya bermula dari sesuatu yang kecil yang anda biarkan. sudah berjuta kali (yaa, saya hiperbolkan karena memang sangat sering saya alami) saya sadari bahwa masalah yang saya hadapi itu ternyata sudah diperingatkan oleh Roh Kudus sebelumnya. Dia berkata dengan lembut bahwa saya harus lakukan ini itu. ada yang tidak saya lakukan sehingga saya gagal dan jatuh, tetapi ada yang saya lakukan sehingga saya berhasil. saya sudah alami apa yang disebut dengan peran Roh Kudus sebagai Pribadi yang memberitahukan hal-hal di masa yang akan datang.

Jika anda sakit kepala, apa yang anda pikirkan pertama kali? mungkin anda berpikir jika anda perlu minum obat, atau perlu beristirahat, atau yang lainnya. tetapi pernahkan anda berpikir mengapa anda sakit kepala? banyak orang ketika menghadapi masalah langsung fokus pada penyelesaian di "hilir masalah". tetapi sadarkah anda bahwa penyelesaian terbaik adalah pada "hulu masalah" itu sendiri? mari perhatikan pepatah ini, "lebih baik mencegah daripada mengobati". "mencegah" berarti menyelesaikan masalah di hulu, sedangkan "mengobati" berarti menyelesaikan masalah di hilir.

Adakah orang dewasa yang tiba-tiba gemuk dalam 1 malam? adakah suami yang tiba-tiba minta cerai dalam 1 malam? adakah nilai kuliah baik tiba-tiba muncul dalam 1 malam (please, jangan libatkan menyontek disini)?

Mari baca sejenak Lukas 6:43-45. Adakah buah yang tiba-tiba muncul dalam 1 malam?

Buah yang baik adalah akibat dari pohon yang baik dan sebaliknya. saya ilustrasikan masalah adalah buah. masalah yang pelik adalah akibat dari kumpulan masalah-masalah kecil yang kita biarkan. jika anda berhutang 1 miliar rupiah, maka mungkin anda sudah terbiasa berhutang dari 100 ribu rupiah. banyak orang ketika menghadapi masalah, maka dia datang pada Tuhan dan meminta Tuhan menyelesaikan masalahnya itu dalam 1 malam (bahasa ilustrasinya meminta Tuhan mengganti buah mangga yang asam dengan yang manis). tentu saja Dia bisa lakukan itu! tetapi jika "pohonnya" tetap sama, maka anda harus datang berkali-kali pada Tuhan agar Dia menyelesaikan masalah yang sama.

Anda mengerti poin utamanya disini? solusi terbaik buat masalah anda bukanlah agar masalah anda beres dalam 1 malam. tetapi agar "pohon" anda dirubah dan diganti baru! alias anda sedang menyelesaikan masalah dari hulu dan bukan dari hilir. alias pola hidup dan pikir anda harus diubahkan baru.

Jika anda gemuk, lalu anda berdoa pada Tuhan agar lemak anda dihilangkan semua. itu baik dan Dia bisa lakukan dalam 1 malam. tetapi jika anda tidak bisa mengelola input makanan anda, maka semua sama saja. jika anda ingin ahli dalam berkotbah, lalu anda banyak dengarkan kotbah pendeta terkenal tanpa anda perbaiki waktu-waktu saat teduh anda, maka semua itu akan menjadi sia-sia pada akhirnya. karena waktu akan buktikan bahwa cara instan yang anda lakukan semuanya nonsense! Mungkin anda berkata bahwa "tidak, semua baik-baik saja kok"; "cara instan dan hidup saya yang seperti ini baik-baik saja kok"; "kenapa saya harus berbuat baik jika dengan berbuat baik saya tidak beruntung, lihat tuh orang jahat saja beruntung terus dalam hidupnya", dll., maka anda perlu waspada! mengapa? karena anda tidak pernah tahu kapan waktu Tuhan akan bekerja menguji anda.

Mari lihat sejenak Matius 13:24-30 tentang perumpamaan lalang diantara gandum..

Lalang mempunyai bentuk yang mirip dengan gandum. cara membedakannya adalah dari bentuk buahnya. mengapa lalang bisa tumbuh disana bersama gandum? karena lalang mendapat asupan makanan dan air yang sama dengan gandum. ketika petani menyiram dan memupuk gandum, maka bersamaan lalang juga akan ikut mendapatnya. tidak ada petani yang dengan sengaja memupuk lalang. tujuan dia cuma ingin memupuk gandum, tetapi karena ada lalang disana, maka lalang secara tidak sengaja terkena pupuk dan ikut bertumbuh.

jika anda "gandum", maka anda mungkin akan protes pada Tuhan mengapa orang jahat ( lalang) ikut diberkati padahal hidup mereka tidak sesuai firman, tidak pernah berdoa, tidak pernah baca alkitab, berdosa, korupsi, dll. dan ini lah jawabannya : ibarat Tuhan yang cuma ingin memberkati orang-orang benar. tetapi karena ada orang jahat di sekitar mereka, maka secara "tidak sengaja" orang-orang jahat ini ikut diberkati.

ketika dua-duanya tumbuh bersamaan, Yesus berkata bahwa jangan mencabut lalang karena mungkin gandum akan tercabut. lalu perhatikan kata Yesus pada ayat 30 : "Biarkan keduanya tumbuh bersama sampai waktu menuai". jadi Tuhan seolah membiarkan agar orang jahat terus diberkati dan tidak menghukum mereka, karena mungkin jika mereka dihukum pada waktu itu maka orang baik akan terkena efeknya. lalu akan tiba waktu Tuhan, dimana orang jahat akan "ditebang dan dibakar". darimana Dia tahu bahwa orang ini jahat atau baik? tentu saja dari buahnya. mengapa saya bilang begitu? karena waktu yang Yesus tunggu adalah waktu menuai, dimana pada waktu masa tuaian, buah dari gandum akan kelihatan berbeda dengan buah dari lalang! karena sebelum waktu menuai, tidak ada buah yang menjadi pembeda dan batang lalang dan gandum kelihatan sama. sekarang, dapatkah anda menangkap jalan cerita ini?

Mungkin anda berkata bahwa "yaa tidak apa-apalah tidak saat teduh. toh semua baik-baik saja"; "tidak apa-apalah korupsi sedikit-sedikit, kan tidak banyak juga" dll. tetapi waspadalah, karena anda tidak pernah tahu kapan waktu tuaian Tuhan tiba atas hidup anda. jika anda didapati berbuah baik, maka anda akan selamat. tetapi jika anda didapati berbuah jahat, maka anda akan ditebang dan dibakar. dan jika anda ingin mendapat buah yang baik, periksa "pohon anda", "akar anda", dan "daun anda". apakah semuanya berfungsi dengan normal? jika tidak, segera "tebang pohon lama" anda dan berdoa agar Tuhan "tumbuhkan pohon yang baru".

Mujizat instan yang paling baik yang bisa Tuhan lakukan bukanlah mengganti buah mangga yang asam menjadi mangga yang manis dalam 1 malam. tetapi membakar pohon mangga asam dan menanam pohon mangga yang manis dalam 1 malam. mari selidiki "pohon rohani anda"!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar